Kamis, 25 Februari 2010

Implementasi Manegemet Informasi

Kasus :

Banyak aplikasi sistem informasi klinik dan computerized physician order entry (CPOE) yang telah diimplementasikan dan terintegrasi dengan sistem pembayaran maupun administrasi sehingga mampu menunjang sistem bisnis klinik/rumah sakit sesuai yang diharapkan. Beberapa diantaranya mungkin masih menemui kegagalan dan perlu dilakukan evaluasi ulang.

Kunci sukses implementasi sistem informasi klinik diantaranya adalah memahami kebutuhan staf klinik dan mengerti strategi pengembangan sehingga mampu menjembatani adopsi dan pemanfaatan suatu teknologi baru .

Penerapan komputerisasi klinik mungkin mudah bagi dokter yang berusia lebih muda. Tetapi bagaimana dengan para dokter senior yang telah terbiasa dan nyaman dengan sistem berbasis kertas. Hal ini tentu memerlukan perhatian tersendiri.

Dengan harapan mengurangi kesalahan medis, menekan biaya, dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, beberapa pusat pelayanan kesehatan di Amerika Serikat mulai mengimplementasikan rekam medis elektronik.


Opini :

Hanya dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, bisa bisa mngatasi pekerjaan sederhana maupun berat.
namun ada kalanya pekerja yang masih disa dilaksanakan menyelesaikan tugasnya dengan cepat atau belum terbiasa menggunakan sistem komputerisasi.
kasus dari kasus, ke kasus di atas adalah mengurangi kesalahan yang sering dilakukan oleh tenaga manusia.

ref : http://rudysalam.blogspot.com/2007/10/health-informatics-implementasi-sistem.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar